Pages

Asuhan Keperawatan ( Askep ) Pada An. M dengan Gastro Enteritis Akut

Dalam menerapkan proses keperawatan metode penulisan yang dipakai adalah metode diskriptif yaitu metode yang menggambarkan suatu keadaan atau kondisi yang nyata dengan didasarkan atas suatu teori yang dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.


Berdasarkan hasil pengkajian yang dilakukan penulis pada pasien masalah keperawatan yang ditemukan adalah gangguan keseimbangan volume cairan dan elektrolit berhubungan dengan output yang berlebihan, perubahan nutrisi, kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan intake nutrisi yang tidak adekuat, Hipertemia berhubungan dengan dehidrasi, nyeri akut berhubungan dengan Hiperperistaltik, integritas kulit berhubungan dengan dehidrasi, gangguan pola tidur berhubungan dengan penyakitnya.Gastro Enteritis Akut adalah sebagai inflamasi membran mukosa lambung dan usus halus, Gastro Enteritis Akut ditandai dengan muntah-muntah dan diare yang mengakibatkan hilangnya cairan dan elekrolit serta menimbulkan dehidrasi dan gangguan keseimbangan elektrolit.  Pada penulisan Karya Tulis ini, penulis bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara nyata, menggunakan pendekatan, ilmu pengetahuan dan keterampilan secara pengalaman dalam memberikan asuhan keperawatan An. M dengan Gastro Enteritis Akut.

Namun karena keterbatasan waktu maka penulis hanya membahas 3 diagnosa keperawatan yaitu gangguan keseimbangan volume cairan dan elektrolit berhubungan dengan output yang berlebihan, perubahan nutrisi, kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan intake nutrisi yang tidak adekuat. Hipertemia berhubungan dengan dehidrasi. Setelah dilakukan perawatan selama 3 hari, pada diagnosa 1, 2 dan 3 masalah teratasi seluruhnya.